Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa

Akhmad, Hartina (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Ilmiah.docx

Download (47kB)

Abstract

Penelitian ini dalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh interaksi pembelajaran dengan motivasi belajar matematika siswa dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) dan Numbered Head Together (NHT) ditinjau dari motivasi belajar matematika terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pallangga dan SMP Negeri 3 Sungguminasa pada semester genap 2017/2018 dan dipilih 2 kelas secara cluster random sampling sebagai sampel penelitian, satu kelas sebagai kelompok perlakuan I yang diajar dengan pembelajaran Course Review Horay (CRH) dan kelas yang lain sebagai kelompok perlakuan II yang diajar dengan pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ANAVA 2x2 faktorial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh interaksi pembelajaran dengan motivasi belajar matematika siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa bagi siswa yang bermotivasi belajar kategori tinggi, terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa pada kelompok perlakuan I dan hasil belajar matematika siswa pada kelompok perlakuan II dengan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa pada kelompok perlakuan I lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa pada kelompok perlakuan II. Adapun bagi siswa yang bermotivasi belajar kategori rendah juga terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa pada kelompok perlakuan I dan hasil belajar matematika siswa pada kelompok perlakuan II, dengan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa pada kelompok perlakuan I lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa pada kelompok perlakuan II. Ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa, hasil belajar matematika siswa pada kelompok perlakuan I lebih baik dari hasil belajar matematika siswa pada kelompok perlakuan II. Kata Kunci : Course Review Horay, Numbered Head Together, Motivasi, Hasil Belajar ABSTRA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Jun 2018 03:46
Last Modified: 06 Jun 2018 03:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9183

Actions (login required)

View Item View Item