Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif dengan Kombinasi Pendekatan Scientific dan Pembelajaran Matematika Realistik

AFIFA., RINA NUR (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif dengan Kombinasi Pendekatan Scientific dan Pembelajaran Matematika Realistik. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL RINA NUR AFIFA (13B0717) - Copy.docx

Download (103kB)

Abstract

ABSTRAK Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif dengan kombinasi pendekatan scientific dan pembelajaran matematika realistik yang valid, praktis, dan efektif? Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif dengan kombinasi pendekatan scientific dan pembelajaran matematika realistik yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang difokuskan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif dengan mengkombinasi pendekatan scientific dan pembelajaran matematika realistik. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah Buku Siswa, Lembar Kerja Siswa, RPP dan Tes Hasil Belajar untuk materi persegi panjang dan persegi Kompetensi Dasar mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas dan Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapezium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang Pada saat mengembangkan perangkat pembelajaran dikembangkan pula instrumen yang terkait dengan perangkat pembelajaran tersebut. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model Thiagarajan atau 4-D yang terdiri dari tahap tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini divalidasi oleh dua orang ahli dengan hasil penilaian berada pada kategori valid dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Pada penelitian ini uji coba dilakukan satu kali. Uji coba dilakukan pada kelas VIIc SMP Negeri 33 Bulukumba. Hasil yang diperoleh pada uji coba tersebut, yaitu: (1) perangkat pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif dengan kombinasi pendekatan scientific dan pembelajaran matematika realistik sudah praktis, tetapi masih terdapat saran pengamat yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kepraktisan perangkat pembelajaran tersebut, (2) perangkat pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif dengan kombinasi pendekatan scientific dan pembelajaran matematika realistik sudah efektif karena telah memenuhi 3 dari 4 indikator keefektifan, yaitu: ketuntasan klasikal tes hasil belajar telah tercapai, kemampuan guru mengelola pembelajaran berada pada kategori sangat baik, respon siswa berada pada kategori positif. Dengan mengikuti tahap pengembangan di atas, diperoleh perangkat pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif dengan kombinasi pendekatan scientific dan pembelajaran matematika realistik yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 02:15
Last Modified: 13 Apr 2018 02:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7421

Actions (login required)

View Item View Item