Evaluasi Layanan Pembelajaran Biologi Terhadap Tingkat Kepuasan Peserta Didik di SMAN 2 Bungku.

Nurasrianti, Nurasrianti (2017) Evaluasi Layanan Pembelajaran Biologi Terhadap Tingkat Kepuasan Peserta Didik di SMAN 2 Bungku. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (123kB)

Abstract

ABSTRAK Tingkat kepuasan peserta didik dipengaruhi oleh layanan pembelajaran Biologi yang diberikan. Layanan pembelajaran dalam hal ini peran guru sebagai pengajar, pembimbing, pengelola kelas, motivator, mediator dan fasilitator serta evaluator. Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui tingkat kepuasan terhadap layanan pembelajaran Biologi peserta didik SMAN 2 Bungku, (ii) untuk mengetahui dimensi apa saja yang harus diprioritaskan dalam upaya untuk meningkatkan layanan pembelajaran Biologi di SMAN 2 Bungku. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah peserta didik yang mempelajari Biologi tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah sampel sebanyak 130 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) kuesioner tingkat kepuasan peserta didik yang terdiri dari 2 kolom pengisian yaitu kolom kenyataan dan harapan, (2) dokumentasi peserta didik tahun pelajaran 2016/2017. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan analisis IPA (Importance-Performance Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan terhadap layanan pembelajaran Biologi peserta didik SMAN 2 Bungku termasuk dalam kriteria belum puas. Analisis menggunakan IPA (Importance-Performance Analysis) diperoleh butir-butir dari dimensi yang menjadi prioritas adalah peran guru sebagai pengajar, pengelola kelas, pembimbing dan motivator.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 06:45
Last Modified: 10 Apr 2018 06:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7287

Actions (login required)

View Item View Item