Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis, Motivasi Belajar Matematika, dan Regulasi Diri Terhadap Hasil belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Makassar

Bachtiar, Hilma Muthiah (2017) Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis, Motivasi Belajar Matematika, dan Regulasi Diri Terhadap Hasil belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Makassar. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
3. ARTIKEL.docx

Download (69kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan logis matematis, motivasi belajar matematika, dan regulasi diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Makassar yang dipilih 3 kelas dari masing-masing 3 jurusan berbeda secara cluster random samplingsebagai sampel penelitian dengan jumlah responden sebanyak 105 siswa. Pengambilan data menggunakan tiga instrumen, yaitu tes kecerdasan logis matematis, angket motivasi belajar matematika, dan angket regulasi diri serta tes hasil belajar matematika. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan kecerdasan logis matematis, motivasi belajar matematika dan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 1 Makassar dikategorikan rendah, sedangkan regulasi diri siswa dikategorikan tinggi. Hasil analisis statistika inferensial menunjukkan: (1) Kecerdasan logis matematis, motivasi belajar matematika, dan regulasi diri secara bersama berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 1 Makassar, (2) Kecerdasan logis matematis berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa, (3) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa(4) Regulasi diriberpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa (5) Interaksi motivasi belajar dan regulasi diri tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswakelas X SMK Negeri 1 Makassar pada tingkat kepercayaan 95%, namun pada sampel penelitian dinyatakan berpengaruh negatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA
FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 06:53
Last Modified: 05 Apr 2018 06:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6890

Actions (login required)

View Item View Item