Efektivitas Pemberian Tugas Terstruktur Menggunakan E-Learning dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bajeng

Rauf, Nurul Maqfirah (2017) Efektivitas Pemberian Tugas Terstruktur Menggunakan E-Learning dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bajeng. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
skripsi indonesia.docx

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperiment yang melibatkan satu kelas eksperimen yang diberi perlakuan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian tugas terstruktur menggunakan e-learning efektif dalam pembelajaran matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bajeng. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Bajeng pada semester genap 2016/2017 dan dipilih 1 kelas secara random sebagai kelas eksperimen penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistika deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Skor rata-rata hasil belajar siswa setelah diajar dengan pemberian tugas terstruktur menggunakan e-learning secara deskriptif adalah 76.02, (2) Ketuntasan siswa secara klasikal adalah 62.22%, (3) Peningkatan hasil belajar matematika siswa secara deskriptif adalah 0.7424, (4) Skor rata-rata hasil belajar untuk posttest berdasarkan analisis inferensial uji-t satu-sampel kurang dari 75, (5) Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa signifikan lebih dari 0.30 setelah diajar dengan menggunakan pemberian tugas terstruktur menggunakan e-learning, (6) Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan pemberian tugas terstruktur menggunakan e-learning di kelas adalah 79.74%, (7) Aktivitas siswa dalam menggunakan e-learning di luar kelas adalah 78.75%, (8) Skor persentase respon positif siswa setelah pembelajaran dengan pemberian tugas terstruktur menggunakan e-learning adalah 78.75%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA
FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 05:58
Last Modified: 05 Apr 2018 05:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6877

Actions (login required)

View Item View Item