Pengaruh penggunaan pembelajaran aktif (active learning) melalui strategi quiz team terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Makassar.

Musfirah, Anshar (2014) Pengaruh penggunaan pembelajaran aktif (active learning) melalui strategi quiz team terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Musfirah Anshar.docx

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK Musfirah Anshar, 2014. Pengaruh penggunaan pembelajaran aktif (active learning) melalui strategi quiz team terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Makassar. Skripsi. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan yang berbeda.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Makassar pada semester genap 2013/2014 dan dipilih 2 kelas secara simpel random sampling sebagai kelas sampel penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistika deskriptif dan inferensial.Hasil yang diperoleh dari analisis statistika deskriptif adalah sebagai berikut:(1)keterlaksanaan pembelajaran aktif melalui strategi quiz team pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 2 Makassar terlaksana dengan baik dengan nilai rata-rata3,57,begitu pula dengan pembelajaran konvensional melalui strategi ekspositori terlaksana dengan baik dengan nilai rata-rata 3,56,(2) hasil belajar matematika siswa untuk ranah afektif yang diajar dengan menggunakan pembelajaran aktif melalui strategi quiz team berada pada kategori cukup baik dengan nilai rata-rata 3,46,untuk hasil belajar matematika siswa ranah kognitif yang diajar dengan menggunakan pembelajaran aktif melalui strategi quiz team berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata 80,17 dan untuk hasil belajar ranah psikomotor yang diajar dengan menggunakan pembelajaran aktif melalui strategi quiz team berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 86,00 (3) hasil belajar matematika siswa untuk ranah afektif yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional melalui strategi ekspositori berada pada kategori cukup baik dengan nilai rata-rata 3,05,untuk hasil belajar matematika siswa ranah kognitif yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional melalui strategi ekspositori berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata 72,10 dan untuk hasil belajar ranah psikomotor yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional melalui strategi ekspositori berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 77,51.Hasil analisis statistika inferensial menunjukkan bahwa(4) terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran aktif melalui strategi quiz team terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Makassar. Hal ini didasarkan pada perbedaan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Makassar antara yang diajar menggunakan pembelajaran aktif melalui strategi quiz team dengan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional melalui strategi ekspositori. Dari perbedaan yang dihasilkan tersebut diperoleh hasil bahwa penerapan pembelajaran aktif melalui strategi quiz team berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Makassar. Kata Kunci : Pengaruh, Pembelajaran aktif, Strategi Quiz Team, Strategi Ekspositori, Hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:41
Last Modified: 29 Apr 2016 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/679

Actions (login required)

View Item View Item