. Efektivitas Penerapan Model Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Pendekatan Problem Solving terhadap Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tinggimoncong.

Muh., Irsan (2014) . Efektivitas Penerapan Model Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Pendekatan Problem Solving terhadap Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tinggimoncong. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Muh. Irsan.docx

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK Muh. Irsan, 2014. Efektivitas Penerapan Model Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Pendekatan Problem Solving terhadap Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tinggimoncong. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang keefektifan penerapan model Missouri Mathematics Project (MMP) dengan pendekatan Problem Solving dalam pembelajaran matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen yang populasinya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tinggimoncong yang terdiri dari dua kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII1 yang dipilih secara acak dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Data dianalisis dengan menggunakan analisis tingkat keefektifan. Untuk melihat keefektifan tersebut, data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) rata-rata hasil belajar matematika siswa adalah 72,07 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 10,05; (2) rata-rata nilai normalisasi gain adalah 0,56 yang berada pada kategori sedang; (3) tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 86,21%; (4) skor rata-rata aktivitas siswa dalam pembelajaran adalah 3,36 atau minimal berada pada kategori positif; (5) skor rata-rata respon siswa adalah 3,66 yang berada pada kategori positif; dan (6) skor keefektifan penerapan model pembelajaranMissouri Mathematics Project (MMP) dengan pendekatan problem solving sebesar 3,11 yang berada pada kategori cukup efektif. Secara umum dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menerapkan model Missouri Mathematics Project (MMP) dengan pendekatan problem solving efektif digunakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tinggimoncong. vii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:41
Last Modified: 29 Apr 2016 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/678

Actions (login required)

View Item View Item