Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika pada Konten Visual Kelas VIII SMP IT Wahdah Islamiyah

Albar, Ahmad (2017) Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika pada Konten Visual Kelas VIII SMP IT Wahdah Islamiyah. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
bab 1.docx

Download (29kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematika pada konten visual siswa SMP IT Wahdah Islamiyah Makassar. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa terkhusus pada aspek konten (content) dan lebih khusus lagi pada ruang dan bentuk (Space and Shape) yang meliputi dunia visual (visual world). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah tiga siswa yang telah dikategorikan berdasarkan kemampuan matematikanya. Kategori kemampuan matematika dibagi atas kategori yaitu: kemampuan matematika tinggi (S1), kemamupan matematika sedang (S2), dan kemampuan matematika rendah (S3). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah tes kemampuan literasi matematika yang berisi sebuah soal PISA level 1 sampai level 3yang telah dimodifikasi oleh peneliti dan sebuah pedoman wawancara. Hasil penelitian ini adalah (a) subjek kemampuan matematika tinggi mampu menyelesaikan masalah literasi matematika pada konten visual di level 3 (b) subjek kemampuan matematika sedang mampu menyelesaikan masalah literasi matematika pada konten visual di level 3 (c) subjek kemampuan matematika rendah mampu menyelesaikan masalah literasi matematika pada konten visual di level 1. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa Masalah literasi matematika pada konten visual cukup baik digunakan sebagai alat untuk menggali kemampuan literasi matematika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 06:19
Last Modified: 03 Apr 2018 06:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6659

Actions (login required)

View Item View Item