Ikram, Fadhil Zil (2016) Perbandingan Kemampuan Penalaran Adaptif antara Siswa yang diajar dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Saintifik pada Kelas X MIA SMA Negeri 11 Makassar. Diploma thesis, FMIPA.
Text
Artikel_Skripsi.docx Download (62kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi kemampuan penalaran adaptif dan peningkatan kemampuan penalaran adaptif siswa yang diajar dengan model PBM dan model pembelajaran kooperatif pendekatan saintifik; (2) perbedaan kemampuan penalaran adaptif dan peningkatan kemampuan penalaran adaptif antara siswa yang diajar dengan model PBM dan model pembelajaran kooperatif pendekatan saintifik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 11 Makassar pada semester ganjil 2016/2017. Peneliti memilih dua kelas dengan menggunakan simple random sampling. Data diperoleh dari hasil observasi dant es. Data dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil dari analisis statistika deskriptif adalah: (1) rata-rata dan standar deviasi kemampuan penalaran adaptif siswa yang diajar dengan model PBM dan kooperatif berturut-turut adalah: (i) 75,97 dan 15,42; dan (ii) 76,60 dan 11,12; (2) rata-rata dan standar deviasi kemampuan penalaran adaptif siswa yang diajar dengan model PBM dan kooperatif berturut-turut adalah: (i) 0,60 dan 0,22; dan (ii) 0,56 dan 0,21. Hasil dari analisis statistika infrensial adalah: (1) perbedaan kemampuan penalaran adaptif antara siswa yang diajar dengan model PBM dan model pembelajaran kooperatif tidak signifikan; (2) perbedaan peningkatan kemampuan penalaran adaptif antara siswa yang diajar dengan model PBM dan model pembelajaran kooperatif tidak signifikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1) FMIPA |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 29 Mar 2018 07:58 |
Last Modified: | 29 Mar 2018 07:58 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6417 |
Actions (login required)
View Item |