Pengaruh Kecerdasan Matematis Logis dan Kepercayaan Diri Melalui Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Sinjai. (dibimbing oleh: Muhammad Arif Tiro dan Alimuddin)

Hariani, Harjuna (2014) Pengaruh Kecerdasan Matematis Logis dan Kepercayaan Diri Melalui Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Sinjai. (dibimbing oleh: Muhammad Arif Tiro dan Alimuddin). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
HARIANI HARJUNA, 2014..docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK HARIANI HARJUNA, 2014. Pengaruh Kecerdasan Matematis Logis dan Kepercayaan Diri Melalui Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Sinjai. (dibimbing oleh: Muhammad Arif Tiro dan Alimuddin) Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui deskriptif kecerdasan matematis logis, kemandirian belajar, kepercayaan diri dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Sinjai, (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh langsung dan tak langsung kecerdasan matematis logis melalui kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa VIII SMP Negeri di Kabupaten Sinjai, (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh langsung dan tak langsung kepercayaan diri melalui kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Sinjai. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswa SMP Negeri di Kecamatan Sinjai. Data dikumpulkan melalui 216 orang sampel yang terpilih dengan menggunakan teknik sampling acak berstrata proporsional (proportional stratified random sampling). Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analysis jalur (path anlysis). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebagian besar siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Sinjai memiliki: Kecerdasan Matematis Logis dengan kategori rendah, kepercayaan diri dalam belajar matematika dengan kategori tinggi, Kemandirian Belajar dalam matematika dengan kategori sedang dan prestasi belajar matematika dengan kategori rendah; (2) Kecerdasan Matematis Logis berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui kemandirian belajar). Besar pengaruh langsung Kecerdasan Matematis Logis terhadap prestasi belajar matematika siswa yaitu 60% Besar pengaruh Kecerdasan Matematis Logis terhadap prestasi belajar melalui kemandirian belajar pada pelajaran matematika yaitu 3%, serta besar pengaruh total Kecerdasan Matematis Logis terhadap prestasi belajar matematika yaitu 63%.Kepercayaan diri berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui kemandirian belajar). Besar pengaruh langsung kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa yaitu 6%. Besar pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar melalui kemandirian belejar yaitu 8%, serta besar pengaruh total Kecerdasan Matematis Logis terhadap prestasi belajar matematika yaitu 14%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 03:36
Last Modified: 28 Apr 2016 03:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/517

Actions (login required)

View Item View Item