HENDRA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA KELAS IV SD INPRES SAMBUNG JAWA II KECAMATAN MAMAJANG KOTA MAKASSAR.
Text
awal.docx Download (39kB) |
|
Text
bab 1-3.docx Download (53kB) |
|
Text
Lampiran 1.doc Download (1MB) |
|
Text
lampiran FOTO.docx Download (2MB) |
Abstract
Hendra, 2012. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Sambung Jawa II Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs Muslimin, M.Ed dan Dra. Hj. Komariah Asikin. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Sambung Jawa II Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres Sambung Jawa II Kota Makassar. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan keterampilan proses dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang struktur dan fungsi bagian tumbuhan di kelas IV SD Inpres Sambung Jawa II Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus masing-masing siklus dilaksanakan 2 kali dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tindakan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Inpres Sambung Jawa II Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Teknik pengumpulan data deskriptif melalui observasi dan tes serta analisis data yaitu menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Sambung Jawa II Kecamatan Mamajang Kota Makassar dengan nilai tes hasil belajar IPA pada Siklus I masuk pada kategori cukup dan pada Siklus II meningkat yaitu berada pada ketegori baik. Kesimpulan adalah melalui Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan Hasil Belajar IPA di kelas IV SD Inpres Sambung Jawa II Kecamatan Mamajang Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 06:55 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 06:55 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34460 |
Actions (login required)
View Item |