KASMAWATI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADTOGETHER (NHT) PADA MURID KELAS V SD NEGERI 10 KECAMATAN MA’RANG KABUPATEN PANGKEP.
Text
sampul depan.docx Download (30kB) |
|
Text
sampul skripsi.docx Download (62kB) |
|
Text
skripsi kasma.docx Download (2MB) |
|
Text
Daftar Nilai Siklus I kak Kasma.docx Download (26kB) |
Abstract
Kasmawati, 2012. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Murid Kelas V SD Negeri 10 Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Skipsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B,M.Kes dan Dra.Hj.Djohara Nonci, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika murud kelas V SD Negeri 10 kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid kelas V SD Negeri 10 Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar Matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT murid kelas V SD Negeri 10 Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan Murid kelas V SD Negeri 10 Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep, sebanyak 18 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penilitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT murid kelas V SD Negeri 10 Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Dimana pada siklus I berada pada kategori sangat rendah sedangkan pada siklus II berada pada kategori tinggi. Selain itu aktivitas guru dan murid juga mengalami peningkatan. Dengan demikian pembelajaran kooperatif Tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar murid kelas V SD Negeri 10 Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 02:17 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 02:17 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34456 |
Actions (login required)
View Item |