PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 4 PINRANG

Herlina, Herlina (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 4 PINRANG. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal HERLINA.docx

Download (69kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah jenis penelitian ekserimen sesungguhnya yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi belajar dan keterampilan berpikir krits peserta didik kelas X SMA 4 Pinrang. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Posttest-Only Control Group Design melalui The Solomon Four Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah dua kelas peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Pinrang tahun pelajaran 2015/2016, sedangkan sampelnya adalah kelas X_2 dan X_1 yang pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik sampling jenuh atau sensus. Data-data hasil penelitian diperoleh melalui angket motivasi belajar dan tes keterampilan berpikir kritis. Tekhnik analisis data yaitu dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Dari pengujian hipotesis, diperoleh bahwa (1) Tidak terdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Pinrang yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran langsung. dan (2) Tidak terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Pinrang yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran langsung pada tahun ajaran 2015/2016 Kata kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing,Model Pembelajaran Langsung, Motivasi Belajar, dan Keterampilan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Oct 2017 02:52
Last Modified: 27 Oct 2017 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3404

Actions (login required)

View Item View Item