RAHMAWATY MAKNUN (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI PANNYIKKOKANG IKOTA MAKASSAR.
Text
SAMPUL dll.docx Download (135kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (137kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (85kB) |
|
Text
BAB 3.docx Download (93kB) |
|
Text
Daftar pustaka.docx Download (45kB) |
|
Text
0BSERVASI SISWA S1 P2.docx Download (46kB) |
|
Text
data nilai hasil siklus 2.docx Download (50kB) |
|
Text
Dokementasi.docx Download (742kB) |
|
Text
RIWAYAT PENDIDIKAN.docx Download (62kB) |
Abstract
Rahmawaty Maknun, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Pannyikkokang I Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr.Latang, M.Pd dan Hamzah Pagarra, S.Kom., M.Pd. Program Studi Penddikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika Kelas IV SD Negeri Pannyikkokang I Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Pannyikkokang I Kota Makassar ? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Pannyikkokang I Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dan peningkatan hasil belajar Matematika. Setting penelitian bertempat di SD Negeri Pannyikkokang I Kota Makassar dengan subjek penelitian terdiri dari guru/wali kelas IV dan siswa kelas IV yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match meningkatkan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu berada pada kategori baik. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari skor hasil belajar siswa setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup dan belum tuntas, namun mengalami peningkatan pada siklus II yaitu berada pada kategori baik dan telah tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match secara maksimal dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri Pannyikkokang I Kota Makassar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 01:43 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 01:43 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33348 |
Actions (login required)
View Item |