FITRA RAMADANA (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD INPRES KAMPUS IKIPKECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
1.SAMPUL DLL.docx Download (729kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (29kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (48kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (48kB) |
|
Text
1. KISI KISI DAN INSTRUMEN.docx Download (51kB) |
|
Text
2. RPP DAN SILABUS.docx Download (810kB) |
|
Text
9. DOKUMENTASI.docx Download (2MB) |
|
Text
11. RIWAYAT HIDUP.docx Download (32kB) |
Abstract
Fitra Ramadana, 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Widya Karmila Sari Achamd, S.Pd., M.Pd. dan Dr. Rudi Amir, M.Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa kelas V SD Inpres Kampus IKIP kbertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) Terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah gambaran penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada mata pelajaran IPA Kelas V SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar?(2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres Kampus IKIP kecamatan Rappocini Kota Makassar?(3) Apakah terdapat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Inpres Kampus IKIP Kacamatan Rappocini Kota Makassar? Penelitan ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan eksperimen dan menggunakan jenis quasi-experimen dengan desain non-equivalent control design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 42 orang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah sampel yakni 21 orang pada kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar observasi dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis dengan uji hipotesis berupa T-tes. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa :(1) Keefektifan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada mata pelajaran IPA Kelas V SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar termasuk dalam kategori sangat baik. (2) Hasil Belajar Belajar IPA siswa pada kelas Eksperimen berada pada kategori baik dan pada kelas kontrol berada pada kategori sedang.(3) Terddapat pengaruh penerapan model pembelajaran koopeartif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Kampus IKIP.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 02:36 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 02:36 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33124 |
Actions (login required)
View Item |