RESKIWAHYUNI (2023) HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-KELURAHAN TAMAMAUNG KECAMATAN PANAKUKANG KOTA MAKASSAR.
Text
1. SAMPUL.docx Download (75kB) |
|
Text
2. BAB I II III.docx Download (102kB) |
|
Other
9 ANALISIS DESKRIPTIF TP.exe Download (386kB) |
|
Text
10. STATISTIK INFERENSIAL TP.docx Download (35kB) |
|
Other
12. DOKUMENTASI TP.exe Download (386kB) |
|
Text
14 RIWAYAT HIDUP TP.docx Download (30kB) |
Abstract
Reskiwahyuni, 2016. Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Se-Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Hj. Nurhaedah, S.Pd., M.Hum. dan Farida Febriati, S.S., M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa kelas V SD. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kompetensi pedagogik guru kelas V SD Se-Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Kota Makassar, (2) bagaimana hasil belajar siswa kelas V SD Se-Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Kota Makassar, dan (3) apakah ada hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa kelas V SD Se-Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kompetensi pedagogik guru kelas V, (2) mengetahui hasil belajar siswa, dan (3) mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa kelas V SD Se-Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian korelasional. Penelitian ini bersifat deskriptif-korelasional dengan model hubungan asimetris. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Se-Kelurahan Tamamaung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah sampling purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, dengan dasar pertimbangan penelitian dilakukan pada siswa yang memperoleh nilai tertinggi sehingga sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB SD Inpres Tamamaung I Kecamatan Panakukang Kota Makassar, dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang siswa yang terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi hitung (Rho hitung) > nilai Rho tabel sehingga hipotesis (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa kelas V SD Se-Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 06:27 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 06:27 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32898 |
Actions (login required)
View Item |