PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 9 MAKASSAR

Nurlina, Nurlina (2016) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 9 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (33kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar Fisika pada SMK Negeri 9 Makassar dalam ranah kognitif dan afektif yang valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang melibatkan subjek uji coba sebanyak 28 orang peserta didik kelas X di SMK Negeri 9 Makassar. Langkah pengujian instrumen diawali dengan validasi teoretis yang dilakukan oleh dua orang pakar di bidang Evaluasi Pendidikan. Instrumen yang dikembangkan dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua instrumen yang dikembangkan valid secara isi. Pada tahap validasi teoretis, instrumen kognitif bentuk pilihan ganda terdapat 3 butir gugur dan 1 butir gugur pada instrumen afektif peserta didik terhadap pelajaran Fisika. Pada tahap validasi empiris, 24 butir gugur pada instrumen kognitif dan 6 butir gugur pada instrumen afektif. Setelah validasi secara teoretis dan empiris semua instrumen valid dan dinyatakan reliabel. Instrumen penilaian hasil belajar Fisika peserta didik kelas X SMK Negeri 9 Makassar meliputi: (1) penilaian kognitif bentuk pilihan ganda terdiri dari 28 butir, (2) penilaian afektif peserta didik terhadap pelajaran Fisika terdiri dari 15 butir. Kata Kunci: Instrumen Penilaian Hasil Belajar Fisika, Valid, Reliabel

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Oct 2017 07:20
Last Modified: 11 Oct 2017 07:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3089

Actions (login required)

View Item View Item