ANDI IRHAM, (2023) penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V SD Negeri Bontoramba Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar.
Text
SAMPUL.docx Download (55kB) |
|
Text
pengesahan.docx Download (82kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (31kB) |
|
Text
HALAMAN AWAL.docx Download (40kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (160kB) |
|
Text
LAMPIRAN OKEYYYYYYYY.docx Download (187kB) |
|
Text
DOKUMENTASI.docx Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (135kB) |
Abstract
ANDI IRHAM, 2016. Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V SD Negeri Bontoramba Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Dibimbing oleh Nur Abidah Idrus, S.Pd,. M.Pd dan Dra. Hj.St. Murni, M.Hum. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V. Adapun rumusan masalahnya adalah Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran SAVI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Bontoramba?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model pembelajaran SAVI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Bontoramba. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapaun fokus penelitian adalah penerapan model Pembelajaran SAVI dan hasil belajar IPA. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 29 orang terdiri dari 16 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Setelah menerapkan langkah-langkah pada model pembelajaran SAVI maka hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas V. Pada aktivitas mengajar guru siklus I berada pada kategori cukup, dan pada siklus II berada pada kategori baik. Demikian pula aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik. Begitupula pada hasil belajar siswa, pada siklus I belum berhasil mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 80 sesuai yang telah ditetapkan. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan dan berada pada kategori tuntas. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Bontoramba
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 25 May 2023 05:51 |
Last Modified: | 25 May 2023 05:51 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29182 |
Actions (login required)
View Item |