Isnar, (2022) Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Melalui Cerita Bergambar dengan Menggunakan Media Big Book di Taman Kanak-Kanak Al-Qalam Samata Kabupaten Gowa.
Text
judul.docx Download (46kB) |
|
Text
sampul skripsi.docx Download (67kB) |
|
Text
lampiran 1.docx Download (27kB) |
|
Text
lampiran 2.docx Download (26kB) |
|
Text
lampiran 3.docx Download (22kB) |
|
Text
lampiran 4.docx Download (26kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (23kB) |
Abstract
Isnar, 2012. Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Melalui Cerita Bergambar dengan Menggunakan Media Big Book di Taman Kanak-Kanak Al-Qalam Samata Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Istiyani Idrus M.Si, dan Herman, S.Pd, M.Pd . Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak melalui cerita bergambar dengan menggunakan media Big Book di TK Al-Qalam Samata Kecamatan Sombaopu ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan anak melalui cerita bergambar dengan menggunakan media Big Book di TK Al-Qalam Samata Kabupaten Gowa. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah 1 guru dan anak kelompok B dengan jumlah 17 anak di TK Al-Qalam Samata Kabupaten Gowa. Data penelitian ini merupakan data aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar membaca anak tentang kemampuan membaca Permulaan anak melalui cerita bergambar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media Big Book dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak melalui cerita bergambar pada kelompok B di TK Al-Qalam Samata Kabupaten Gowa. Pengembangan itu dapat dilihat pada setiap siklus pembelajaran. Siklus I menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru kategori cukup dan aktivitas belajar membaca anak didik pada siklus I masih ada 7 anak didik berada pada kategori kurang karena pada saat pembelajaran masih ada anak didik tersebut suka bermain, masih ada anak yang kurang konsentrasi karena intonasi guru dalam mengajar kurang bagus. Sehingga tahap pelaksanaan siklus I baik pertemuan 1 maupun pertemuan 2 belum dapat dikatakan berhasil. Selanjutnya pada siklus II mengalami pengembangan dimana aktivitas mengajar guru kategori baik dan aktuvitas belajar membaca permulaan anak didik mencapai 7 anak didik berada pada kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan pada anak melalui cerita bergambar dengan menggunakan media Big Book di Taman Kanak-Kanak Al-Qalam berkembang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 24 Nov 2022 02:33 |
Last Modified: | 24 Nov 2022 02:33 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25697 |
Actions (login required)
View Item |