MEGAWATI, P (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK MELALUI PENGGUNAAN KARTU GAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK RAUDAHTUL ATHFAL DDI ALFURQAN BENTENG KABUPATEN PINRANG.
Text
sampul-ku.docx Download (51kB) |
||
Text
isi - 1.docx Download (52kB) |
||
Text
Siklus I.docx Download (53kB) |
||
Text
Siklus II.docx Download (53kB) |
||
|
Image
376391_164717606996704_350423132_n - Copy.jpg Download (39kB) | Preview |
|
|
Image
376391_164717606996704_350423132_n.jpg Download (39kB) | Preview |
|
|
Image
376391_164717613663370_463191459_n - Copy.jpg Download (47kB) | Preview |
|
|
Image
376391_164717613663370_463191459_n.jpg Download (47kB) | Preview |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (43kB) |
Abstract
Megawati, P 2012 Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Melalui Penggunaan Kartu Gambar di Taman Kanak-Kanak RA DDI Alfurqan Benteng Kabupaten Pinrang . Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M,Si dan Azizah Amal, S.S, M.Pd masing-masing sebagai pembimbing I dan pembimbing II pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak dapat meningkat melalui penggunaan kartu gambar di TK RA DDI Alfurqan Benteng Kabupaten Pinrang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak melalui penggunaan kartu gambar di Taman Kanak-Kanak TK RA DDI Alfurqan Benteng Kabupaten Pinrang.. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah 1) Penggunaan kartu gambar sebagai media, dan 2) Mengenal konsep bilangan. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 17 anak kelompok A Taman Kanak-Kanak RA DDI Alfurqan Benteng Kabupaten Pinrang.. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar anak. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus pembelajaran, siklus I aktivitas mengajar guru kategori baik dan aktivitas belajar anak kategori kurang dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan belajar anak kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak di Taman Kanak-Kanak RA DDI Alfurqan Benteng Kabupaten Pinrang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 02:36 |
Last Modified: | 18 Nov 2022 02:36 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25517 |
Actions (login required)
View Item |