RISKA MULIADI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI JURUSAN IPS DI SMA NEGERI 1 TOMPOBULU KABUPATEN BANTAENG.
Text
SAMPUL 1.docx Download (35kB) |
|
Text
PRAKATA.docx Download (89kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (31kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (51kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA..docx Download (17kB) |
|
Text
Sampul lampiran.docx Download (10kB) |
|
Text
10.T-tabel.docx Download (17kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (128kB) |
Abstract
Riska Muliadi. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Audio visual (Video) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sosiologi Kelas XI Jurusan IPS Di SMA Negeri 1 Tompobulu Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Abdul Karim H. Ahmad, M.Pd dan Dr. H. Abdul Haling, M.Pd. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual (video) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran sosiologi kelas XI jurusan IPS di SMA Negeri 1 Tompobulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Experiment atau Pre-experiment dengan desain one-group pretest-posttest design. Variabel penelitian ini adalah variabel bebas yaitu media pembelajaran audio visual (video) dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa dalam pembelajaran sosiologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes untuk mengukur hasil belajar siswa pada sampel sebelum dan sesudah materi diajarkan yaitu berupa tes objektif. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan media audio visual (video) menunjukkan hasil belajar lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa tanpa menggunakan media audio visual (video). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat di tarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran audio visual (video) menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa tanpa menggunakan media pembelajaran audio visual (video).
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 07:34 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 07:34 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23799 |
Actions (login required)
View Item |