Grasiana Wende (2022) Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II di SLB Negeri Ende.
Text
sAMPUL BARU.docx Download (43kB) |
|
Text
hal depana baru.doc Download (99kB) |
|
Text
BAB I. Grasiana baru.docx Download (24kB) |
|
Text
BAB II baru.doc Download (141kB) |
|
Text
BAB III baru.doc Download (61kB) |
|
Text
BAB IV baru.docx Download (56kB) |
|
Text
BAB V baru.doc Download (32kB) |
|
Text
Daftar Pustaka Baru.doc Download (35kB) |
|
Text
LAMPIRAN baru.doc Download (1MB) |
Abstract
Grasiana Wende, 2011, Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II di SLB Negeri Ende, Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M. Pd dan Drs. Andi Budiman, M. Kes. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi murid tunagrahita di SLB Negeri Ende yang mengalami kesulitan dalam hal berhitung. Oleh karena itu, masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah gambaran kemampuan berhitung penjumlahan murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Ende sebelum penggunaan media gambar?. 2) Bagaimanakah gambaran kemampuan berhitung penjumlahan murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Ende sesudah penggunaan media gambar? 3) Apakah ada peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan dengan adanya penggunaan media gambar pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Ende? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kemampuan berhitung penjumlahan murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Ende sebelum penggunaan media gambar. 2) Untuk mengetahui kemampuan berhitung penjumlahan murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Ende sesudah penggunaan media gambar. 3) Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan dengan penggunaan media gambar murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Ende. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun populasi penelitian sebanyak 3 orang murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Ende pada tahun ajaran 2010/2011. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik tes, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan berhitung penjumlahan murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Ende sebelum penggunaan media gambar berada dalam kategori tidak tuntas. 2) Kemampuan berhitung penjumlahan murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Ende sesudah penggunaan media gambar berada dalam kategori tuntas. 3) Ada peningkatan hasil belajar berhitung Penjumlahan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II melalui penggunaan media gambar, berarti bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Ende.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 05:41 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 05:41 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21667 |
Actions (login required)
View Item |