DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MENURUT TEORI WANKAT DAN OREOVICZ DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS SISWA KELAS X IPA SMAN 13 MAKASSAR

MASYNAENI, NURUL (2020) DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MENURUT TEORI WANKAT DAN OREOVICZ DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS SISWA KELAS X IPA SMAN 13 MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
01. SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurul Masynaeni, 2019. Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Menurut Teori Wankat dan Oreovicz Ditinjau dari Kecerdasan Logis-Matematis pada Siswa Kelas X IPA SMAN 13 Makassar. Skripsi. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Djadir, M.Pd. dan Dr. Rusli, M.Si.) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah menurut teori Wankat dan Oreovicz ditinjau dari kecerdasan logis matematis pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar yang terdiri atas 2 orang untuk setiap tingkatan kecerdasan logis matematis tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri atas instrumen utama yaitu peneliti dan juga instrumen pendukung yaitu tes kecerdasan logis matematis, tes kemampuan pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi dapat melaksanakan pemecahan masalah dengan baik; (2) Siswa dengan kecerdasan logis matematis sedang dapat melaksanakan beberapa tahap pemecahan masalah yaitu tahap saya mampu atau bisa, mendefinisikan, mengeksplorasi, merencanakan, mengerjakan dan generalisasi; (3) Siswa dengan kecerdasan logis matematika rendah dapat melaksanakan beberapa tahap pemecahan masalah yaitu tahap mengeksplorasi. Kata Kunci:Kemampuan pemecahan masalah matematika, Teori Wankat dan Oreovicz, Kecerdasan logis matematis, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 05 Mar 2020 07:14
Last Modified: 05 Mar 2020 07:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17389

Actions (login required)

View Item View Item