Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 22 Makassar pada Materi Pokok Laju Reaksi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia

Tandilolo, Yohanas M. (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 22 Makassar pada Materi Pokok Laju Reaksi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Yohana.docx

Download (122kB)

Abstract

Yohanas M Tandilolo, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 22 Makassar pada Materi Pokok Laju Reaksi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia. Jurusan Kimia. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muh Jasri Djangi dan Army Auliah). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment)yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 22 Makassar. Desain penelitian yang digunakan adalah “Posttest-Only Control Group Design”. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 22 Makassar yang terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah peserta didik masing-masing 34 orang. Kelompok eksperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran konvensional dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar pada materi laju reaksi. Pengambilan data hasil belajar dilakukan dengan pemberian posttest. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yaitu 75,84 dan kelas kontrol yaitu 69,12. Hasil pengujian hipótesis menggunakan uji mann-whitney diperoleh nilai Zhitung=6,94 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan Ztabel = 1,64. Oleh karena itu, Zhitung > Ztabel, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 22 Makassar studi pada materi pokok laju reaksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar, laju reaksi.
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:22
Last Modified: 02 Jul 2019 03:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13841

Actions (login required)

View Item View Item