Pengaruh Penggunaan Media Komputer Interaktif Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas X MAN 2 Model Makassar

ALAM, NUR (2013) Pengaruh Penggunaan Media Komputer Interaktif Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas X MAN 2 Model Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Alam, Nur.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK NUR ALAM. Pengaruh Penggunaan Media Komputer Interaktif Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas X MAN 2 Model Makassar.( pembimbing Prof Dr.H.Muris,M.Si and Dr.Muhammad Tawil,M.Pd,M.Si). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media komputer interaktif terhadap hasil belajar fisika pada peserta didik kelas X MAN 2 Model Makassar. Desain yang digunakan adalah Post-test Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MAN 2 Model Makassar tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 9 kelas, sampelnya adalah kelas X4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 35 orang dan kelas X6 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 35 orang dengan menganggap semua kelas pada populasi adalah homogen dalam hal kemampuan fisikanya, pengambilan sampel ini diambil secara acak. Hasil belajar fisika peserta didik pada aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor pada kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan media komputer interaktif dan hasil belajar fisika peserta didik pada aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor pada kelas kontrol yang diajar tanpa menggunakan media komputer interaktif keduanya berada pada kategori tinggi. Hal ini disebabkan karena pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran langsung dengan media komputer interaktif yaitu peserta didik menerima informasi melalui media komputer interaktif dan dan kelas kontrol juga menggunakan model pembelajaran langsung dengan media powerpoint sehingga peserta didik lebih mudah memahami materi pelajaran, selain itu tingkat kesulitan tes hasil belajar tidak membutuhkan tingkat berpikir yang lebih tinggi. Akan tetapi dari hasil analisis inferensial hasil belajar fisika pada peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media komputer interaktif lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar fisika peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media powerpoint. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan media komputer interaktif, dapat mempengaruhi hasil belajar fisika peserta didik pada aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotornya dengan baik. Sehingga peserta didik mampu mengembangkan keterampilan sains mereka dalam pembelajaran fisika Kata Kunci : Media Komputer Interaktif, Hasil Belajar Fisika ABSTRACT NUR ALAM. 2013. The Influence of the Use of Interactive Computer Media in the Learning toward Learning Outcomes of Physics of Grade X Students at MAN 2 Model in Makassar (supervised by Prof Dr.H.Muris,M.Si and Dr.Muhammad Tawil,M.Pd,M.Si). The study is an experiment research, which amis at discovering wheter three is an influence of the use of interactive computer media toward learning outcomes of Physics of grade X students at MAN 2 Model in Makassar. The desing used in the study was Post-test Olny Central Design. The Population of the study was all of grade X students at MAN 2 Model in Makassar of academic year 2012/2013 which cosisted of 9 classes. The samples ware 35 students of grade X4 as the control class and 35 students of grade X6 as the eksperimen class with the consideration that all classes Wet homogenous in terms of Physics ability. Samples Wet selected randomly. The result of the study reveal that learning outcomes of Physics in cognitive aspect at the experiment class is in high category than the control class. The psychomotor aspect at the experiment class isi n high category; whereas, the control class isi n fair category. The affective aspect at the experiment class isi n high category ; whereas, the control class is in fair category, and none of student is in low category. The conclusion of the study is Three is positive influence on learning outcomes of Physics who taugh by interactive computer media at the experiment class than the ones taught by conventional learning. Keywords : interactive computer media, learning outcomes of Physics.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN FISIKA - (S1)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Nov 2016 01:15
Last Modified: 14 Nov 2016 01:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1236

Actions (login required)

View Item View Item