PENGARUH METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIASISWA KELAS III SD NEGERI LARIANG BANGI 1 KOTA MAKASSAR

ANGRI REGINA (2023) PENGARUH METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIASISWA KELAS III SD NEGERI LARIANG BANGI 1 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. Halaman Sampul.doc

Download (49kB)
[img] Text
6. Motto (Autosaved).doc

Download (26kB)
[img] Text
5. Pernyataan Keaslian Skripsi.doc

Download (28kB)
[img] Text
7. Abstrak.doc

Download (33kB)
[img] Text
8. Prakata.doc

Download (34kB)
[img] Text
9. Daftar Isi.doc

Download (41kB)
[img] Text
11. Daftar Gambar.doc

Download (31kB)
[img] Text
10. Daftar Tabel.doc

Download (37kB)
[img] Text
12. Daftar Lampiran.doc

Download (35kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (27kB)
[img] Text
LAMPIRAN 2. RPP PERTEMUAN 1.docx

Download (551kB)
[img] Text
LAMPIRAN 14. DOKUMENTASI.docx

Download (255kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1. SILABUS.docx

Download (25kB)

Abstract

ANGRI REGINA, 2017. Pengaruh Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN Lariang Bangi 1 Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Pembimbing I Dra.Hj.Syamsiah D,S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Dr. Suarlin, S.Pd., M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang terlihat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Lariang Bangi 1 Kota Makassar. Adapun permasalahan yang dapat dikaji pada penelitian ini yaitu : 1). Bagaimanakah gambaran pelaksanaan metode SQ3R terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Lariang Bangi 1 Kota Makassar ? 2.) Bagaimanakah hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Lariang Bangi 1 Kota Makassar dengan menggunakan metode SQ3R ? 3.) Apakah terdapat pengaruh metode SQ3R terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Lariang Bangi 1 Kota Makassar ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen dan menggunakan desain pre-experimental dalam bentuk one-group pretest-posttest design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Lariang Bangi 1 yang berjumlah 22 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh dengan jumlah sampel yakni 22 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi dan tes. Tes yang digunakan berbentuk pilihan ganda dengan teks bacaan cerita rakyat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.) Gambaran pelaksanaan metode SQ3R pada mata pelajaran bahasa Indonesia memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa terbukti dengan hasil pengamatan yang telah dilakukan kepada siswa dan guru yang berada pada kategori baik. 2.) Hasil belajar siswa sebelum (pretest) berada pada kategori kurang, dan hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan (postest) berada pada kategori baik. 3). Metode SQ3R dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Lariang Bangi 1 memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa dapat dilihat dari perbedaan hasil belajar yang didapatkan siswa pada saat pretest dan posttest dengan pengujian hipotesisnya menggunakan jenis paired sample t-test. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000, hal tersebut menunjukkan sig. (2-tailed) < 0,05, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Nov 2023 02:02
Last Modified: 29 Nov 2023 02:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34822

Actions (login required)

View Item View Item