IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN MAPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

RISMAYANTI (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN MAPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1SAMPUL.docx

Download (47kB)
[img] Text
2DAFTAR ISI.docx

Download (55kB)
[img] Text
3BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
4BAB II.docx

Download (51kB)
[img] Text
8DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)
[img] Text
9LAMPIRAN1-12.docx

Download (2MB)
[img] Text
10.LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS MENGAJAR GURU.docx

Download (40kB)
[img] Text
15RIWAYAT HIDUP.docx

Download (39kB)

Abstract

Rismayanti, 2016. Implementasi Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M.Si dan Hikmawati Usman S.Pd, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji masalah tentang rendahnya keterampilan menulis karangan narasi siswa. Rumusan masalah,bagaimanakah implementasi model pembelajaran Picture and Picture dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Picture and Picture dalam hal meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun fokus penelitian terdiri dari model pembelajaran Picture and Picture dan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi siswa. Subjek penelitian yang terdiri dari guru/wali kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 23 orang yang terdiri dari 12 siswa laki- laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis data setelah diterapkan model pembelajaran Picture and Picture menunjukkan adanya peningkatan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dengan melihat pencapaian indikator-indikator yang menunjukkan adanya peningkatan. Aktivitas mengajar guru dan siswa pada siklus dikategorikan cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan dikategorikan baik. Adapun keterampilan menulis karangan narasi siswa yang diberikan pada siklus I masih belum tuntas secara klasikal dan pada siklus II tuntas secara klasikal. Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi siswa terlihat pada meningkatnya nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II. Adapun ketuntasan secara klasikal telah mencapai indikator yang telah ditetapkan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Nov 2023 02:59
Last Modified: 28 Nov 2023 02:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34813

Actions (login required)

View Item View Item