PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG FABEL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES PERUMNAS KOTA MAKASSAR

A.ALVIRA YUNI PRATMA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG FABEL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES PERUMNAS KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL DLL (Repaired).docx

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (43kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (8MB)
[img] Text
Uji Hipotesis wilcoxon.doc

Download (50kB)
[img] Text
Uji Hipotesis1.doc

Download (53kB)
[img] Text
Uji Homogenitasposttest1.doc

Download (84kB)

Abstract

A. ALVIRA YUNI PRATMA, 2016. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Dongeng Fabel Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd. dan Nur Abidah Idrus, S.Pd.,M.Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah ini menelaah pengaruh penggunaan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak dongeng fabel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu bagaimanakah pengaruh penggunaan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak dongeng fabel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar tahun ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak dongeng fabel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar tahun ajaran 2015/2016. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak dongeng fabel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian dipilih secara langsung dengan memilih satu kelas (tanpa acak) yaitu kelas VA dengan jumlah 36 siswa yang terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian tes hasil belajar pada ranah kognitif kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji dua sampel dependent (uji wilcoxon) dengan menggunakan pengujian dua pihak (two tail test). Keterampilan menyimak dongeng siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar pada tes awal (pretest) ranah kognitif berada pada kategori kurang, sedangkan keterampilan menyimak dongeng siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar pada akhir pembelajaran (posttest) ranah kognitif berada pada kategori baik. Adanya peningkatan rata-rata keterampilan menyimak pada akhir pembelajaran (posttest) menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh penggunaan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak dongeng fabel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Perumnas KotaA. ALVIRA YUNI PRATMA, 2016. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Dongeng Fabel Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd. dan Nur Abidah Idrus, S.Pd.,M.Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah ini menelaah pengaruh penggunaan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak dongeng fabel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu bagaimanakah pengaruh penggunaan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak dongeng fabel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar tahun ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak dongeng fabel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar tahun ajaran 2015/2016. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak dongeng fabel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian dipilih secara langsung dengan memilih satu kelas (tanpa acak) yaitu kelas VA dengan jumlah 36 siswa yang terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian tes hasil belajar pada ranah kognitif kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji dua sampel dependent (uji wilcoxon) dengan menggunakan pengujian dua pihak (two tail test). Keterampilan menyimak dongeng siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar pada tes awal (pretest) ranah kognitif berada pada kategori kurang, sedangkan keterampilan menyimak dongeng siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar pada akhir pembelajaran (posttest) ranah kognitif berada pada kategori baik. Adanya peningkatan rata-rata keterampilan menyimak pada akhir pembelajaran (posttest) menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh penggunaan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak dongeng fabel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kota A. ALVIRA YUNI PRATMA, 2016. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Dongeng Fabel Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd. dan Nur Abidah Idrus, S.Pd.,M.Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah ini menelaah pengaruh penggunaan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak dongeng fabel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu bagaimanakah pengaruh penggunaan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak dongeng fabel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar tahun ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak dongeng fabel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar tahun ajaran 2015/2016. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak dongeng fabel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian dipilih secara langsung dengan memilih satu kelas (tanpa acak) yaitu kelas VA dengan jumlah 36 siswa yang terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian tes hasil belajar pada ranah kognitif kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji dua sampel dependent (uji wilcoxon) dengan menggunakan pengujian dua pihak (two tail test). Keterampilan menyimak dongeng siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar pada tes awal (pretest) ranah kognitif berada pada kategori kurang, sedangkan keterampilan menyimak dongeng siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar pada akhir pembelajaran (posttest) ranah kognitif berada pada kategori baik. Adanya peningkatan rata-rata keterampilan menyimak pada akhir pembelajaran (posttest) menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh penggunaan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak dongeng fabel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kota A. ALVIRA YUNI PRATMA, 2016. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Dongeng Fabel Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd. dan Nur Abidah Idrus, S.Pd.,M.Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah ini menelaah pengaruh penggunaan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak dongeng fabel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu bagaimanakah pengaruh penggunaan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak dongeng fabel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar tahun ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak dongeng fabel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar tahun ajaran 2015/2016. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak dongeng fabel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian dipilih secara langsung dengan memilih satu kelas (tanpa acak) yaitu kelas VA dengan jumlah 36 siswa yang terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian tes hasil belajar pada ranah kognitif kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji dua sampel dependent (uji wilcoxon) dengan menggunakan pengujian dua pihak (two tail test). Keterampilan menyimak dongeng siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar pada tes awal (pretest) ranah kognitif berada pada kategori kurang, sedangkan keterampilan menyimak dongeng siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar pada akhir pembelajaran (posttest) ranah kognitif berada pada kategori baik. Adanya peningkatan rata-rata keterampilan menyimak pada akhir pembelajaran (posttest) menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh penggunaan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak dongeng fabel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Nov 2023 02:18
Last Modified: 28 Nov 2023 02:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34810

Actions (login required)

View Item View Item