PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN MAPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

MASTURA ARIFIN (2023) PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN MAPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
bagian depan skripsi Mastura Arifin.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB 3.docx

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
LAMPIRAN FIX.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (34kB)

Abstract

MASTURA ARIFIN, 2016, Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M.Si dan Hikmawati Usman, S.Pd., M.Pd; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar; Fakultas Ilmu Pendidikan; Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah penerapan metode Mind Mapping sebagai upaya meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Kota Makassar. Adapun rumusan masalah pada penelitian adalah bagaimanakah penerapan metode Mind Mapping untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskriptif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar ?. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penerapan metode Mind Mapping untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskriptif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode Mind Mapping dan keterampilan menulis karangan deskripsi bahasa Indonesia. Subjek penelitian adalah seorang guru dan siswa kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar Tahun Ajaran 2015/2016, dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang, yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Mind Mapping meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan itu dapat dilihat dari data hasil tes keterampilan menulis siswa pada setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode Mind Mapping secara maksimal maka berdampak pada peningkatan keterampilan menuli karangan deskripsi pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:38
Last Modified: 27 Nov 2023 07:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34805

Actions (login required)

View Item View Item