PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

NURHIKMA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL PROPOSAL KU BISMILLAH.docx

Download (99kB)
[img] Text
persetujuan imm.docx

Download (42kB)
[img] Text
LATAR BELAKANG PROPOSAL new.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP imma.docx

Download (97kB)

Abstract

NURHIKMA, 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sd Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd., dan Nur Abidah Idrus, S.Pd.,M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar keterampilan menulis siswa kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ini adalah pre-experiment, dengan tahap pretest, treatment, dan posttest. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mecakup Model Pembelajaran CIRC dan variabel terikat mencakup Keterampilan Menulis Narasi. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar dan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IVB Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan jumlah siswa 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test dengan jenis dependent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Kesimpulan penelitian ini adalah Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) memberikan pengaruh terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:02
Last Modified: 27 Nov 2023 07:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34803

Actions (login required)

View Item View Item