PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA BIDANG STUDI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SD. INPRES LASEPANG KECAMATAN BANTAENG KABUPATEN BANTAENG

Yuni Susilda (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA BIDANG STUDI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SD. INPRES LASEPANG KECAMATAN BANTAENG KABUPATEN BANTAENG.

[img] Text
(2) SAMPUL DALAM.docx

Download (20kB)
[img] Text
(3) abstra dkk.docx

Download (33kB)
[img] Text
(4) Bab I-III (1-34).docx

Download (57kB)
[img] Text
(7) DAFTAR PUSTAKA (75-76).docx

Download (14kB)
[img] Text
(16) LAMPIRAN 37-38 hal 171.docx

Download (21kB)
[img] Text
(9) LAMPIRAN SIKLUS I PERETMUAN I (1) (78-96).docx

Download (41kB)
[img] Text
(17)Dokumentasi penelitian (173-179).docx

Download (24MB)
[img] Text
(19) RIWAYAT HIDUP (185).docx

Download (57kB)

Abstract

Yuni Susilda, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial SD Inpres Lasepang Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Skripsi di bimbing oleh Ibu Hj.Nurhaedah,S.Pd.,M.Hum dan Farida Febriati, S.S., M.Si pada Program Studi Pedidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD inpres lasepang dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada siswa kelas IV SD Inpres Lasepang Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV pada bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosaial SD Inpres Lasepang Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Inpres Lasepang Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng dengan subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Inpres Lasepang Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng yang aktif terdaftar pada semester genap tahun pelejaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 20 orang, yang terdiri atas 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil penelitian yang dicapai pada siklus pertama yaitu hasil observasi guru dengan kategori cukup dan observasi siswa dengan kategori kurang. Kemudian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa tentang perkembangan teknologi pada mata pelajaran IPS belum mencapai nilai KKM, yaitu berada pada kategori cukup. Pada siklus kedua hasil observasi guru telah mencapai kategori Baik dan hasil observasi siswa dengan kategori Baik pula. Dan diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa tentang perkembangan teknologi pada mata pelajaran IPS lebih baik dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus pertama dan telah melebihi nilai KKM serta tuntas secara klasikal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Inpres Lasepang Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Nov 2023 06:49
Last Modified: 27 Nov 2023 06:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34801

Actions (login required)

View Item View Item