NURAISYA (2023) PENGGUNAAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SD NEGERI NO 17 POKOBULO KECAMATAN BONTORAMBA KABUPATEN JENEPONTO.
Text
Sampul.docx Download (44kB) |
|
Text
Pernyataan Keaslian Skripsi, Abstrak, Prakata, dan Motto.docx Download (24kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (13kB) |
|
Text
BAB I Pendahuluan.docx Download (31kB) |
|
Text
BAB II Tinjauan Pustaka dan Kerangka Pikir.docx Download (82kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (23kB) |
|
Text
Gambar Alat Peraga Siklus 1.docx Download (849kB) |
|
Text
Gambar Alat Peraga Siklus 2.docx Download (2MB) |
|
Text
DOKUMENTASI-DOKUMENTASI.docx Download (1MB) |
Abstract
Nuraisya, 2016. Penggunaan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas IV SD Negeri No 17 Pokobulo Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Skripsi, dibimbing oleh: Dra.Hj.Nurhaedah,M.Si dan Khaerunnisa, S.Pd.I., M.A Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara penggunaan media visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri No 17 Pokobulo kecamatan Bontoramba kabupaten jeneponto.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui penggunaan media visual pada mata pelajaran IPS khususnya untuk mengatasi kesulitan dalam memahami konsep membaca peta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian terdiri dari 1 orang guru dan 27 orang siswa dimana 13 orang laki-laki dan 14 perempuan. Fokus penelitian ini yaitu penngunaan media visual dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tekhnik tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa melaluipenerapan penggunaan media visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS dengan materi konsep membaca peta.hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar siswa siklus I yang berada pada kategori cukup, dari hasil belajar siswa siklusI ini guru merefleksi kembali hal-hal yang perlu dievaluasi dengan cara merubah dan mendesain gaya belajar yang sesuai dengan porsi materi dan siswa sehingga pada siklus II ini hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I dan II yang mengalami perkembangan dari setiap pembelajaran maka dapat disimpulkan bahwa penerapan penggunaan media visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri No 17 pokobulo kecamatan bontoramba kabupaten jeneponto dapat meningkat.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 05:52 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 05:52 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34724 |
Actions (login required)
View Item |