PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADAMURID KELAS IVSD NEGERI93 SAWAKUNG BEBA KECAMATAN GALESONG UTARA KABUPATEN TAKALAR

RAHMAWATI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADAMURID KELAS IVSD NEGERI93 SAWAKUNG BEBA KECAMATAN GALESONG UTARA KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (156kB)
[img] Text
halaman depan.docx

Download (31kB)
[img] Text
ptk rahma.docx

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
lampiran.docx

Download (100kB)

Abstract

RAHMAWATI, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Murid Kelas IV SD Negeri 93 Sawakung Beba Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Nurhaedah, M.Si dan Khaerunnisa, S.PdI., M.A. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 93 Sawakung Beba Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dalam meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitan ini adalah untuk mendeskripsikan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 93 Sawakung Beba Kab. Takalar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berdaur ulang/siklus, yaitu meliputi perencanaan,pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 93 Sawakung Beba Kab. Takalar. Setting penelitian yaitu di kelas IV SD Negeri 93 Sawakung Beba Kab. Takalar. Subjek penelitian ini adalah guru dan 10 orang siswa yang terdiri dari orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Prosedur penelitian dilaksanakan sebanyak dua kali siklus dengan dua kali pertemuan pada setiap siklus. Data penelitian yaitu data aktivitas guru dan hasil belajar siswa. Teknik Pengumpulan Data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik Analisis data dalam penelitian adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Dapat dilihat dari setiap siklus, siklus I mencapai kategori cukup ( C ) sedangkan siklus II mencapai kategori Baik Sekali ( BS ). Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 93 Sawakung Beba Kab. Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Nov 2023 07:43
Last Modified: 22 Nov 2023 07:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34714

Actions (login required)

View Item View Item