IMA LESTARI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING and LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD INPRES KAPASA MAKASSAR.
Text
PTK - 01 SAMPUL.docx Download (42kB) |
|
Text
PTK - 02 ABSTRAKSI DLL.docx Download (27kB) |
|
Text
PTK - 03 BAB I.docx Download (23kB) |
|
Text
PTK - 04 BAB II.docx Download (37kB) |
|
Text
PTK - 08 DAFTAR PUSTAKA.docx Download (20kB) |
|
Text
PTK - 09 LAMP. RPP.docx Download (2MB) |
Abstract
Ima Lestari. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Kapasa Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Drs. Lutfi B, M.Kes dan Dra. Hj. Amrah, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Kapasa Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Kapasa Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SD Inpres Kapasa Melalui Penerapan Model pembelajaran Kontekstual. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni : (1) Perencanaaan; (2) Pelaksanaan Tindakan; (3) Pengamatan /Observasi; Refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru siswa Kelas IV SD Inpres Kapasa Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini mengkaji model kontektual dan hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas mengajar guru siklus I berada pada kategori sedang. Untuk aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori sedang. Hal ini menyatakan bahwa hasil belajar Matematika siswa rata – rata pada siklus I masuk pada kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model dapat meingkatkan hasil belajar Matematika pada siswa Kelas IV SD Inpres Kapasa Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 01:49 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 01:49 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34698 |
Actions (login required)
View Item |