PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING and LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD INPRES KAPASA MAKASSAR

IMA LESTARI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING and LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD INPRES KAPASA MAKASSAR.

[img] Text
PTK - 01 SAMPUL.docx

Download (42kB)
[img] Text
PTK - 02 ABSTRAKSI DLL.docx

Download (27kB)
[img] Text
PTK - 03 BAB I.docx

Download (23kB)
[img] Text
PTK - 04 BAB II.docx

Download (37kB)
[img] Text
PTK - 08 DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
PTK - 09 LAMP. RPP.docx

Download (2MB)

Abstract

Ima Lestari. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Kapasa Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Drs. Lutfi B, M.Kes dan Dra. Hj. Amrah, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Kapasa Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Kapasa Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SD Inpres Kapasa Melalui Penerapan Model pembelajaran Kontekstual. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni : (1) Perencanaaan; (2) Pelaksanaan Tindakan; (3) Pengamatan /Observasi; Refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru siswa Kelas IV SD Inpres Kapasa Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini mengkaji model kontektual dan hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas mengajar guru siklus I berada pada kategori sedang. Untuk aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori sedang. Hal ini menyatakan bahwa hasil belajar Matematika siswa rata – rata pada siklus I masuk pada kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model dapat meingkatkan hasil belajar Matematika pada siswa Kelas IV SD Inpres Kapasa Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:49
Last Modified: 22 Nov 2023 01:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34698

Actions (login required)

View Item View Item