Darmayanti (2023) PENERAPAN METODE INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN NO. 95 MANJANGLOE KECAMATAN TAMALATEA KABUPATEN JENEPONTO.
Text
SAMPUL PTK.docx Download (30kB) |
|
Text
MOTTO.docx Download (17kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (18kB) |
|
Text
PRAKATA.docx Download (23kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.docx Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.docx Download (18kB) |
|
Text
Skripsi - Saharia (1447046064).docx Download (1MB) |
Abstract
Darmayanti, 2015. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Andi Tonro Kota Makassar. Skripsi, Dibimbing oleh: Drs. Lutfi, B. Kes dan Dra. Amrah S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Andi Tonro Kota Makassar. Rumusan masalah dalam npenelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Inpres Andi Tonro kota Makassar?, tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas IV SD Inpres Andi Tonro Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan hasil belajar. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV dengan jumlah siswa 39 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu apabila terjadi peningkatan hasil belajar siswa terhadap bahan ajar setelah diterapkan model pembelajaran Koopratif tipe Think Pair Share (TPS)dan terdapat 80% siswa yang memperoleh skor minimal 70 dianggap tuntas secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres Andi Tonro Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 01:33 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 01:33 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34695 |
Actions (login required)
View Item |