SURYANTI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD HANG TUAHKECAMATAN UJUNG TANAH KOTA MAKASSAR.
Text
01. Sampul.doc Download (157kB) |
|
Text
BAB I skripsi.docx Download (23kB) |
|
Text
BAB II skripsi.docx Download (79kB) |
|
Text
Daftar pustaka skripsiku.docx Download (17kB) |
|
Text
04. Data Siklus I.docx Download (62kB) |
|
Text
05. Data Siklus II.docx Download (21kB) |
|
Text
Dokumentasi.docx Download (3MB) |
|
Text
hasil observasi guru lengkap.docx Download (75kB) |
Abstract
Suryanti, 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Hang Tuah Kecamatan Ujung Tanah kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs.Latri.,S.Pd.,M.Pd dan Dra.St.Nursiah.B.,M.Pd Program Studi Penddikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang masalah penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dengan rumusan masalah, bagaimanakah penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match untuk meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Hang Tuah Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Hang Tuah Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapaun fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dan peningkatan hasil belajar matematika. Setting penelitian bertempat di SD Hang Tuah Kecamatan Ujung Kota Makassar dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru kelas yang memberi pelajaran matematika kelas V dan siswa kelas V sebanyak 25 orang yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan itu dapat dilihat dari skor hasil belajar siswa setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan mengalami peningkatan pada siklus II dan berada pada kategori baik (B). Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match secara maksimal dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Hang Tuah Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar pada mata pelajaran matematika.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 02:51 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 02:51 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34692 |
Actions (login required)
View Item |