PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACAPEMAHAMAN PADA MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA SISWA KELAS VB SD NEGERI TIDUNG KOTA MAKASSAR

NUR INDAH SYARI MUKMAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACAPEMAHAMAN PADA MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA SISWA KELAS VB SD NEGERI TIDUNG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. Sampul.docx

Download (25kB)
[img] Text
2. Halaman Judul.docx

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (26kB)
[img] Text
3. BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
4. BAB II.docx

Download (44kB)
[img] Text
8. Lampiran Belakang.docx

Download (7MB)
[img] Text
9. riwayat hidup.docx

Download (30kB)

Abstract

Nur Indah Syari Mukmah. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (cooperative integrated Reading and Composition) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VB SD Negeri Tidung Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Nurhaedah, S. Pd., M. Pd. dan Khaerunnisa, S.Pd.I., M.A. Program Studi Penddikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Tipe CIRC dengan rumusan masalah, Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe CIRC sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VB SD Negeri Tidung Kota Makassar? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe CIRC untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VB SD Negeri Tidung Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe CIRC dan kemampuan membaca pemahaman. Setting penelitian bertempat di SD Negeri Tidung Kota Makassar dengan Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah satu orang guru dan siswa kelas VB SD Negeri Tidung Kota Makassar yang aktif terdaftar pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 27 orang yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe CIRC meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari hasil hasil tes kemampuan membaca pemahaman siswa setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori kurang, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Tipe CIRC secara maksimal maka berdampak pada peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VB SD Negeri Tidung Kota Makassar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Nov 2023 02:52
Last Modified: 20 Nov 2023 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34682

Actions (login required)

View Item View Item