PENERAPAN METODE EKSPRESI BEBAS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI RUPA PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI BADDOKA KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR

WILDANA (2023) PENERAPAN METODE EKSPRESI BEBAS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI RUPA PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI BADDOKA KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL DEPAN.docx

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (35kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (48kB)

Abstract

Wildana. 2016. Penerapan Metode Ekspresi Bebas Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Seni Rupa Peserta Didik Kelas III SD Negeri Baddoka Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Hikmawati Usman, S.Pd., M.Pd. dan Dra. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Berdasarkan observasi di lapangan, pada mata pelajaran seni rupa ternyata masih rendah dalam hal kreativitas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode ekspresi bebas untuk meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran seni rupa peserta didik kelas III SD Negeri Baddoka Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar?. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan metode ekspresi bebas dalam meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran seni rupa peserta didik kelas III SD Negeri Baddoka Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari siklus I dan siklus II dari setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah proses penerapan metode eksprsei bebas yang meliputi hasil observasi guru dan siswa serta hasil kreativitas siswa. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri Baddoka sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa dan guru kelas III SD Negeri Baddoka Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang yang terdiri 13 orang laki-laki dan 27 orang perempuan. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, tes praktik berupa tes siklus, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam berkreativitas. Dilihat siklus I dengan kategori cukup dan siklus II dengan kategori baik/kreatif. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode ekspresi bebas dapat meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran seni rupa peserta didik kelas III SD Negeri Baddoka Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:58
Last Modified: 20 Nov 2023 01:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34676

Actions (login required)

View Item View Item