PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 232 DAMPANG KECAMATAN GANTARANG KABUPATEN BULUKUMBA

HASMAWATI (2023) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 232 DAMPANG KECAMATAN GANTARANG KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
Halaman Depan.docx

Download (124kB)
[img] Text
Skripsi Hasmawati baru.docx

Download (790kB)
[img] Text
Hasil Tes Akhir Siklus 1.docx

Download (19kB)
[img] Text
Lembar Observasi Siswa Siklus 1.docx

Download (27kB)
[img] Text
Lembar Observasi Siswa Siklus 2.docx

Download (26kB)

Abstract

HASMAWATI, 2015, Penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas IV SDN 232 Dampang Kec. Gantarang Kab. Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Hikmawati Usman, S.Pd, M.Pd dan Drs.Mufa’di, M.Si. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Bagaimanakah peningkatkan hasil belajar matematika melalui Contextual Teaching And Learning (CTL). Adapun masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDN 232 Dampang Kec. Gantarang Kab. Bulukumba. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) di kelas IV SDN 232 Dampang Kec. Gantarang Kab. Bulukumba. Penelitian dengan judul Penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas IV SDN 232 Dampang Kec. Gantarang Kab. Bulukumba. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas dua siklus, dimana setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Sasaran dan sekaligus menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa sebanyak 14 siswa kelas IV, yang terdiri atas 7 siswa laki laki dan 7 siswa perempuan. Instrument yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, hasil belajar siswa dalam pembelajaran melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dikategorikan cukup, sehingga ada beberapa indikator yang harus diperbaiki pada siklus II. Dengan mengadakan perbaikan kekurangan pada siklus II sehingga hasil belajar siswa dikategorikan baik. Dengan demikian penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 232 Dampang Kec. Gantarang Kab. Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Nov 2023 06:32
Last Modified: 17 Nov 2023 06:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34669

Actions (login required)

View Item View Item