PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VSD NEGERI TALLO TUA 69 KOTA MAKASSAR

YULIANA SUAIB (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VSD NEGERI TALLO TUA 69 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. sampul .docx

Download (40kB)
[img] Text
3. halaman depan.docx

Download (32kB)
[img] Text
4. daftar isi, gambar,tabel, lampiran .docx

Download (21kB)
[img] Text
5. SKIPSI (BAB I - BAB V).docx

Download (89kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
14. daftar nilai.docx

Download (38kB)
[img] Text
15. FOTO KEGIATAN.docx

Download (2MB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (48kB)

Abstract

YULIANA SUAIB, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Mata Pelajaran Matematika SD Negeri Tallo Tua 69 Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Andi Makkassau, M.Si. dan Dra. Hj. Syamsiah D., S.Pd., M.Pd. pada Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar murid dan hasil belajar murid pada mata pelajaran Matematika kelas V SD Negeri Tallo Tua 69. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar murid dan hasil belajar murid pada mata pelajaran Matematika kelas V SD Negeri Tallo Tua 69 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Fokus penelitin ini adalah penerapan model pembelajaran two stay two stray dan hasil belajar murid pada mata pelajaran matematika. Prosedur penelitian meliputi perencanaa, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan murid kelas V SD Negeri Tallo Tua 69, jumlah 35 murid terdiri dari 19 laki-laki dan 16 perempuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar murid, dan hasil belajar murid berada pada kategori cukup. Karena, belum mencapai indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan oleh karena itu peneliti melanjutkan ke siklus II. Pada siklus II aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar murid berada pada kategori sangat baik, dan hasil belajar murid berada pada kategori tinggi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatan hasil belajar Matematika pada murid kelas V SD Negeri Tallo Tua 69 Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:48
Last Modified: 17 Nov 2023 02:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34665

Actions (login required)

View Item View Item