MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA MURID KELAS IV SD NEGERI 12 BABANA, KEC.UJUNG LOE, KAB. BULUKUMBA

AHMAD AFANDI (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA MURID KELAS IV SD NEGERI 12 BABANA, KEC.UJUNG LOE, KAB. BULUKUMBA.

[img] Text
Sampul.docx

Download (19kB)
[img] Text
Bagian Depan Skripsi.docx

Download (44kB)
[img] Text
Isi Pembahasan.docx

Download (98kB)
[img] Text
Lampiran data hasil observasi murid.docx

Download (92kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (85kB)
[img] Text
Lampiran data hasil observasi murid.docx

Download (92kB)
[img] Text
Lampiran dokumentasi.docx

Download (217kB)

Abstract

Ahmad Afandi, 2012. Meningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Realistik Pada Murid Kelas IV SD Negeri 12 Babana, Kec. Ujung Loe, Kab. Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Syamsiah D, S.Pd., M.Pd. dan Drs. Mappasoro, M.Ed. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar murid dalam mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 12 Babana Kec. Ujung Loe, Kab. Bulukumba. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui pendekatan realistik dalam pelajaran matematika hasil belajar matematika dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan realistik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian adalah murid kelas IV yang berjumlah 38 orang murid. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes hasil belajar, sedangkan data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif yaitu statistik deskriptif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh setelah diterapkan tindakan yaitu aktifitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori sedang dan terjadi peningkatan pada siklus ke II yaitu berada pada kategori baik. Sedangkan aktifitas belajar murid pada siklus I berada pada kategori rendah dan terjadi peningkatan aktifitas pada siklus ke II berada pada kategori sangat baik. Hal ini pula peningkatkan hasil belajar pada siklus I berada pada kategori masih rendah dan terjadi peningkatan pada siklus ke II berada pada kategori sangat meningkat dan sudah tuntas.hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan pendekatan realistik dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid kelas IV SD Negeri 12 Babana Kec. Ujungloe, Kab. Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2023 01:43
Last Modified: 16 Nov 2023 01:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34629

Actions (login required)

View Item View Item