PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PONGTIKU 1 KECAMATAN BONTOALA KOTA MAKASSAR

KHAERUN NISAA’ TAYIBU (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PONGTIKU 1 KECAMATAN BONTOALA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul dll.docx

Download (47kB)
[img] Text
skripsi Hasil.docx

Download (541kB)
[img] Text
Lampiran-lg.docx

Download (456kB)
[img] Text
FOTO PELAKSANAAN KEGIATAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
riwayat hidup.docx

Download (41kB)

Abstract

Khaerun Nisa’a Tayibu, 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis melalui Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping pada Siswa Kelas IV SDN Pongtiku 1 Kecamatan Bontoala Kota Makassar. Skripsi. Pembimbing: Nurhaedah, S.Pd,M.Pd. selaku pembimbing I dan Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd. selaku pembimbing II. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UPP Makassar. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan metode pembelajaran Mind Mapping dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV SD Negeri Pongtiku 1 Kecamatan Bontoala Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan metode pembelajaran Mind Mapping dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV SD Negeri Pongtiku 1 Kecamatan Bontoala Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang terdiri dari tes formatif dan hasil observasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus melalui empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini, pembelajaran mengacu kepada langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan langkah-langkah pembelajaran Mind Mapping yaitu cara yang dapat membantu otak memetakan berbagai macam hubungan suatu informasi dengan warna, gambar, dan rute sehingga memudahkan siswa kelas IV dalam memahami pelajaran. Keterampilan menulis siswa yaitu ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti tes disetiap siklusnya dengan menerapan metode pembelajaran Mind Mapping. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Pongtiku 1 Kecamatan Bontoala Kota Makassar dengan 1 orang guru dan 35 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitaif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis data yang ditemukan pada siklus 1 berada pada kategori Cukup (C) menjadi kategori Baik (B) pada siklus II. Sedangkan pada aktifitas guru dan siswa dari kategori kurang (K) menjadi kategori baik (B). Dengan demikian penerapan metode pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas IV SD Pongtiku 1 Kecamatan Bontoala Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Nov 2023 07:43
Last Modified: 15 Nov 2023 07:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34623

Actions (login required)

View Item View Item