PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA SISWA DI KELAS IIISD NEGERI KALUKUBODOA KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR

KHAERUL RIZAL R (2023) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA SISWA DI KELAS IIISD NEGERI KALUKUBODOA KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR.

[img] Text
00.Sampul.docx

Download (79kB)
[img] Text
bab1-5.docx

Download (121kB)
[img] Text
lampiran silabus.docx

Download (32kB)
[img] Text
lampirangg.docx

Download (3MB)
[img] Text
nilai 2.docx

Download (6MB)

Abstract

Khaerul Rizal R. 2013. Penggunaan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Siswa di Kelas III SD Negeri Kalukubodoa Kecamatan Tallo Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd., M.Pd dan Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada keterampilan menulis cerita. Adapun rumusan masalahnya yaitu bagaimanakah penggunaan media gambar seri dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita siswa pada kelas III SD Negeri Kalukubodoa Kecamatan Tallo Kota Makassar. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia terkhusus pada keterampilan menulis dengan menggunakan media gambar seri di kelas III SD Negeri Kalukubodoa Kecamatan Tallo Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitan Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang pada tiap siklus memiliki tahapan kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus Penelitian ini mengacu pada langkah-langkah penggunaan media gambar seri dan hasil belajar pada keterampilan menulis. Subjek penelitian adalah siswa kelas III sebanyak 33 orang, dan 1 orang guru kelas. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar. Peningkatan itu dapat dilihat dari hasil belajar siswa setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II berada pada kategori tinggi. Sedangkan pada aktivitas guru dan siswa terjadi peningkatan yang pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat pada kategori baik. Maka kesimpulan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan media gambar seri secara maksimal akan terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Nov 2023 07:37
Last Modified: 15 Nov 2023 07:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34622

Actions (login required)

View Item View Item