PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETHINK-PAIRING-SHARE PADA MURID KELAS IVSD INPRES PA’BAENG-BAENG I KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

JUMRANINGSIH (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETHINK-PAIRING-SHARE PADA MURID KELAS IVSD INPRES PA’BAENG-BAENG I KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul dll.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (89kB)
[img] Text
DAPUS.doc

Download (63kB)
[img] Text
dokumentasi.doc

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran-Ku.docx

Download (167kB)

Abstract

Jumraningsih. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Quantum Teaching pada Murid Kelas IV SD Negeri Pongtiku 1 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Amrah, S.Pd, M.Pd sebagai pembimbing 1 dan Khaerunnisah, S.Pd.I, M.A sebagai pembimbing 2. Program Studi Penddikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang penerapan pendekatan Quantum Teaching dengan rumusan masalah bagaimanakah pendekatan Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada murid kelas IV SD Negeri Pongtiku 1 Makassar?. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan pendekatan pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid kelas IV SD Negeri Pongtiku 1 Makassar. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Pongtiku 1 Makassar. Fokus penelitian ini yaitu penerapan pendekatan Quantum Teaching dan hasil belajar matematika murid. Subjek penelitian adalah guru dan murid kelas IV sebanyak 35 orang yang terdiri dari 13 laki-laki dan 22 orang perempuan. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang dalam bentuk siklus yakni siklus pertama jika pencapaian standar KKM belum berhasil maka dilanjutkan pada siklus kedua. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar. Peningkatan itu dapat dilihat dari hasil belajar murid setiap siklus. Melalui pendekatan Quantum Teaching, hasil belajar murid pada siklus pertama belum berhasil mencapai KKM secara klasikal, sedangkan pada siklus kedua hasil belajar murid meningkat yaitu sudah melebihi KKM dan memenuhi standar klasikal. Sedangkan pada proses pembelajaran, aktivitas guru pada siklus pertama yaitu pada kategori cukup meningkat pada siklus kedua yaitu pada kategori baik, begitupun pada aktivitas murid siklus pertama berada pada kategori cukup meningkat pada siklus kedua yaitu pada kategori baik. Maka dapat disimpulkan penerapan pendekatan Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada murid kelas IV SD Negeri Pongtiku 1 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Nov 2023 07:32
Last Modified: 15 Nov 2023 07:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34620

Actions (login required)

View Item View Item