PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING MURID KELAS V MI DDI CAMBALAGI KECAMATAN BONTOA KABUPATEN MAROS

NUR ALFYFADHILAH RUSYDI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING MURID KELAS V MI DDI CAMBALAGI KECAMATAN BONTOA KABUPATEN MAROS.

[img] Text
Lampiran depan.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB I skrip.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB II skrip.docx

Download (38kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (3MB)

Abstract

NUR ALFYFADHILAH RUSYDI, 2013. Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui penerapan metode Quantum Learning murid kelas V MI DDI Cambalagi Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros. Skripsi dibimbing oleh Dra. Amrah, S.Pd., M.Pd. dan Khaerunnisa, S.Pdi. M.A. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan metode Quantum Learning pada murid kelas V MI DDI Cambalagi. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA murid kelas V. Rumusan masalah yaitu: bagaimanakah penerapan metode Quantum Learning dalam meningkatkan hasil belajar murid kelas V MI DDI Cambalagi Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros?. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan metode Quantum Learning murid kelas V MI DDI Cambalagi Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang diakhiri dengan evaluasi pada tiap siklusnya dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus dalam penelitian ini adalah proses penerapan metode Quantum Learning dan hasil belajar IPA. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan murid kelas V MI DDI Cambalagi yang terdiri dari 11 orang perempuan dan 8 orang laki-laki. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan mengalami peningkatan di siklus II yaitu berada pada kategori baik. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan mengalami peningkatan di siklus II yaitu berada pada kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA dari siklus I ke siklus II melalui penerapan metode Quantum Learning. Pada siklus I hasil belajar berada pada kategori cukup, kemudian pada siklus II hasil belajar berada pada kategori baik Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA murid kelas V MI DDI Cambalagi Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Nov 2023 07:21
Last Modified: 15 Nov 2023 07:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34616

Actions (login required)

View Item View Item