PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD INPRES GUNUNG SARI BARU KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

ANDI WAHYUNI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD INPRES GUNUNG SARI BARU KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sAMPUL.docx

Download (26kB)
[img] Text
pra isi,,,,.docx

Download (46kB)
[img] Text
Skripsi Uni.docx

Download (1MB)
[img] Text
Dokumentasi.docx

Download (897kB)
[img] Text
Dokumentasi.docx

Download (897kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (34kB)

Abstract

Andi Wahyuni, 2013. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together pada Siswa Kelas IV SD Inpres Gunung Sari Baru Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh: Drs. Lutfi B, M. Kes dan Muh. Irfan, S. Pd., M. Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan pada penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Inpres Gunung Sari Baru Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah: Bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Numbered Head Together pada siswa kelas IV SD Inpres Gunung Sari Baru Kecamatan Rappocini Kota Makassar ?. Tujuan Penelitian untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Numbered Head Together pada siswa kelasIV SD Inpres Gunung Sari Baru Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian yaitu proses dan hasil. Setting dan subjek penelitiannya adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV yang aktif dan terdaftar pada semester genap, penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Gunung Sari Baru Kecamatan Rappocini Kota Makaassar. Teknik pengumpulan data yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Aktivitas mengajar guru dalam proses pembelajaran dari kategori sangat kurang pertemuan pertama dan cukup pertemuan kedua pada siklus I meningkat menjadi kategori baik pertemuan pertama dan sangat baik pertemuan kedua pada Siklus II. Aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS dari kategori kurang pertemuan pertama dan cukup pertemuan kedua pada siklus I meningkat menjadi kategori cukup pertemuan pertama dan baik pertemuan kedua pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar IPS dengan nilai rata-rata hasil belajar pada Siklus I berada pada kategori kurang, selanjutnya pada Siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa berada pada ketegori baik. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Numbered Head Together pada siswa kelas IV SD Inpres Gunung Sari Baru Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Nov 2023 02:50
Last Modified: 10 Nov 2023 02:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34564

Actions (login required)

View Item View Item