PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADTOGETHER (NHT) PADA MURID KELAS V SD NEGERI 10 KECAMATAN MA’RANG KABUPATEN PANGKEP

KASMAWATI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADTOGETHER (NHT) PADA MURID KELAS V SD NEGERI 10 KECAMATAN MA’RANG KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
sampul depan.docx

Download (30kB)
[img] Text
sampul skripsi.docx

Download (62kB)
[img] Text
skripsi kasma.docx

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Nilai Siklus I kak Kasma.docx

Download (26kB)

Abstract

Kasmawati, 2012. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Murid Kelas V SD Negeri 10 Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Skipsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B,M.Kes dan Dra.Hj.Djohara Nonci, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika murud kelas V SD Negeri 10 kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid kelas V SD Negeri 10 Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar Matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT murid kelas V SD Negeri 10 Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan Murid kelas V SD Negeri 10 Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep, sebanyak 18 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penilitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT murid kelas V SD Negeri 10 Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Dimana pada siklus I berada pada kategori sangat rendah sedangkan pada siklus II berada pada kategori tinggi. Selain itu aktivitas guru dan murid juga mengalami peningkatan. Dengan demikian pembelajaran kooperatif Tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar murid kelas V SD Negeri 10 Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:17
Last Modified: 26 Oct 2023 02:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34456

Actions (login required)

View Item View Item