PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUNUNG SARI 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Karmila Iskandar (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUNUNG SARI 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul depan.docx

Download (26kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (57kB)
[img] Text
SKRIPSIQwu.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (114kB)

Abstract

Karmila Iskandar, 2012, Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Johara Nonci, M. Si dan Drs. Lutfi B. M. Kes. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa Kelas IV SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada siswa kelas IV SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada siswa kelas IV SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Fokus penelitian adalah penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), dan hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Hasil penilitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada siswa kelas IV SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Dimana pada siklus I berada pada kategori sedang sedangkan pada siklus II berada pada kategori tinggi. Selain itu aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan. Dengan demikian Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Oct 2023 06:00
Last Modified: 24 Oct 2023 06:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34442

Actions (login required)

View Item View Item