PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS V SDN BONTOMAERO II KECAMATAN BAJENG KABUPATEN GOWA

MARDIANTI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS V SDN BONTOMAERO II KECAMATAN BAJENG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
sampul depan skripsi anty.docx

Download (26kB)
[img] Text
halaman depan skripsi anty.docx

Download (53kB)
[img] Text
skripsi anti asli.docx

Download (1MB)

Abstract

Mardianti. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas V SDN Bontomaero II Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Djohara Nonci, M.Si. dan Drs. Muh. Faisal, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN Bontomaero II Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan pembelajaran matematika Realistik pada siswa kelas V SDN Bontomaero II Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Dalam kegiatan pelaksanaan ini, peneliti bertindak sebagai guru dan memberikan petunjuk kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran dan guru kelas bertindak sebagai observer. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari tiga tahap kegiatan yaitu, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN Bontomaero II Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Hal ini dapat dilihat pada siklus I berada pada kategori kurang (K) sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik (B).

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Oct 2023 05:59
Last Modified: 23 Oct 2023 05:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34435

Actions (login required)

View Item View Item