PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MURID KELAS I SD INPRES LAYANG TUA I KECAMATAN BONTOALA KOTA MAKASSAR

A R N I (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MURID KELAS I SD INPRES LAYANG TUA I KECAMATAN BONTOALA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul Lengkap Arni.rtf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I Arni.docx

Download (25kB)
[img] Text
Bab II Arni.docx

Download (54kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Arni.docx

Download (21kB)
[img] Text
Riwayat Hidup Arni.docx

Download (133kB)

Abstract

Arni. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Penggunaan Pendekatan Matematika Realistik pada Murid Kelas I SD Inpres Layang Tua I Kecamatan Bontoala Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd.,M.Pd., dan Drs. Muslimin, M.Ed. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah melalui pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada murid kelas I SD Inpres Layang Tua I Kecamatan Bontoala Kota Makassar? dan (2) bagaimana aktivitas guru dan murid dalam pelaksanaan pendekatan matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada murid kelas I SD Inpres Layang Tua I Kecamatan Bontoala Kota Makassar? Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar matematika pada murid kelas I SD Inpres Layang Tua I Kecamatan Bontoala Makassar melalui pendekatan matematika realistik, dan (2) untuk mengetahui aktivitas guru dan murid dalam proses pelaksanaan pendekatan matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada murid kelas I SD Inpres Layang Tua I Kecamatan Bontoala Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas I yang berjumlah 25 orang terdiri dari 15 laki-laki dan 10 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar matematika siswa kelas I SD Inpres Layang Tua I Makassar meningkat dari yang terkategori cukup dalam skala deskriptif pada siklus I meningkat menjadi terkategori baik pada siklus II dari jumlah siswa 25 orang. Hasil penelitian tersebut memberikan kesimpulan bahwa penerapan pendekatan matematika realistik terbukti dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I SD Inpres Layang Tua I Kecamatan Bontoala Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:36
Last Modified: 20 Oct 2023 06:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34412

Actions (login required)

View Item View Item